Selamat Datang di Website Original7 | Download Gratis Film,Software,Makalah

Senin, 25 April 2011

MODUL VISUAL BASIC (VB)


Mengenal Visual Basic (VB)

Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa pemrograman Visual Basic, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung object (Object Oriented Programming = OOP).
          Visual Basic merupakan software pengembangan dari bahasa pemrograman BASIC dengan ramai pemrograman beroientasi object (visual) maka lahir bahasa pemrograman Visual Basic, yang didukung aplikasi-aplikasi lain seperti Crystal Report, Microsoft Access dan lain-lainnya.

Beberapa Pengertian penting OOP.
1.  Properties
Propeties adalah karakteristik atau atribut-atribut yang dimiliki oleh suatu objek, contoh : Tinggi Objek, Lebar Objek, Nama Objek dan Lain-lainnya. Atau karakteristik yang dimiliki object
2.  Event
Event adalah suatu kejadian yang dimiliki oleh suatu objek, seperti kejadian jika objek ditinggalkan, kejadian jika objek diklik, kejadian jika objek diubah dan lain-lainnya. Atau kejadian yang dapat dialami oleh object
3.  Form
Form adalah tempat kita membuat tampilan program atau tempat untuk menempatkan objek-objek.
4.  Method
Method adalah suatu perintah seperti halnya fungsi dan procedure. Atau aksi yang dapat dilakukan oleh object
5.  Variabel,
Variabel adalah suatu tempat untuk menampung data sementara yang memikili jenis data tertentu sesuai dengan jenis data yang dikandungnya.
6.  Konstanta
Konstanta adalah suatu tetapan yang tidak dapat berubah selama program berjalan, tidak seperti variable dapat berubah.
7.  Jenis Data
Setiap Variabel harus mempunyai jenis data yang perlu diperhatikan dari jenis data ini dalah penggunaan memori, sesuai dengan kebutuhan. Contoh : Integer, Single, Double, dan Lain-lainnya.
8.  Operator
Operator adalah suatu yang menghubungkan operand seperti jumlah, kurang, kali dan lain-lainnya. Contoh : C=A*B. tanda * merupakan operator yang menghubungkan operand A, B.


Untuk download full isi modul klik gambar dibawah ini

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Beri Komentar Untuk Kemajuan Blog ini...
Apabila ada Link yang error atau mati segera laporkan untuk diganti dengan Link baru..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes