Selamat Datang di Website Original7 | Download Gratis Film,Software,Makalah

Selasa, 12 April 2011

SISTEM INFORMASI GLOBAL


SISTEM INFORMASI GLOBAL

sistem informasi global adalah sistem dari jaringan2 yg melintasi batas2 negara.
Tantangan sistem informasi global
Dengan banjirnya informasi dan data ini, apakah sedemikian rawannya posisi masyarakat terutama di negara berkembang ? Apakah tidak ada jalan lain untuk menjadikan dampak negatif ini sebagai pelajaran untuk tetap survive? Inilah bagian penting perbincangan kita ini. Beberapa alternatif pemikiran bisa diajukan disini.
  1. Menyerap sisi positif dari kemajuan teknologi informasi. Ini penting sekali karena global media memang telah hadir di sekitar kita. Saatnya untuk melihat secara proaktif kemajuan yang tidak bisa dihindari lagi. Sikap proaktif ini antara lain menjadikan ketersediaan informasi yang luar biasa ini disaring, difilter sesuai dengan kebutuhan. Informasi ini tidak bisa dibendung lagi yang bisa dilakukan dialirkan dengan baik, yang buruk dibuang dan beberapa nilai positifnya dimanfaat. Tentu saja tidak mudah namun wujudkan bisa didiskusikan, prinsipnya proaktif dan positif.
  2. Sistem peringatan dini. Terbukanya informasi yang ada di alam internet misalnya memungkinkan sebuah masyarakat menciptakan peringatan dini akan datangnya informasi yang buruk. Sistem ini bisa diciptakan mulai dari sisi individu, keluarga, komunitas kecil sampai negara. Sudah menjadi hal umum misalnya sebuah negara melarang film tertentu karena nilainya bertentangan dengan values masyarakat. Da Vinci Code dilarang di Malaysia karena dianggap meresahkan masyarakat.
  3. Informasi pendidikan dan pemberdayaan dimanfaatkan. Global media selain memproduksi hiburan yang bisa mendesakkan budaya lokal tetapi juga menghasilkan unsur-unsur yang bernilai informasi positif dan pendidikan. Kini saatnya untuk menonjolkan dan memanfaatkan sisi pendidikan ini atau education.
  1. Berpacu dalam kreativitas. Produk global media lahir karena daya kreativitas yang tinggi. Sudah waktunya belajar juga mengapa inovasi dan kreativitas ini mengalir dan tumbuh begitu cepat. Kreativitas tanpa henti inilah yang semestinya dipelajari dan dikembangkan bukan saja produk akhir dari global media.
Tantangan Sistem Informasi Global
Beberapa tantangan dalam bisnis adalah:
1. Tantangan Teknologi
2. Peraturan dan Tarif
3. Mekanisme Pembayaran Elektronik
4. Perbedaan Bahasa
5. Perbedaan Budaya
6.Yang Bertentangan Dengan Ekonomi, Ilmu Ilmiah, dan Kepentingan Keamanan
7. Tantangan Politis
8. Perbedaan Standar
9. Penghalang Tentang Undang-Undang
10. Wilayah Waktu Yang Berbeda

STRATEGI BISNIS GLOBAL

Telah diketahui bahwa MNC dapat mengadopsi berbagai struktur organisasi. MNC juga dapat memilih strategi yang akan mereka ikuti.
Strategi Bisnis MNC (Christopher Bartlett & Sumantra Ghoshal) dikelompokan atas empat (4) strategi, yaitu :
1.      Strategi Multinasional; perusahaan induk memberikan kebebasan kepada anak perusahaan untuk mengembangkan produk dan praktek mereka sendiri serta senantiasa memberikan pelaporan keuangan (desentralisasi). Strategi ini menimbulkan kendurnya pengendalian oleh perusahaan induk (kantor pusat), dan sistem informasi memudahkan desentralisasi dalam pengambilan keputusan strategis serta terdiri dari proses dan database yang beridiri sendiri (oleh anak perusahaan).

2.      Strategi Global; pengendalian ada di perusahaan induk (sentralisasi proses & database). Perusahaan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia dengan produk-produk standar. Produk untuk seluruh pasar dunia diproduksi secara sentarl dan dikirimkan ke anak-anak perusahaan. Hal tersebut mengakibatkan sebagaian besar kapasitas sistem informasinya berlokasi diperusahaan induk dan terdapat sentralisasi proses dan database. Pengendalian sangat ketat dan strategi diatur oleh pusat.

3.      Strategi Internasional; perpaduan strategi global (sentralisasi) dan strategi multinasional (desentralisasi). Strategi ini memerlukan suatu tim manajemen diperusahaan induk yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan menembus pasar global. Keahlian ini disediakan anak perusahaan yang digunakan untuk mengadaptasi produk, proses dan strategi perusahaan bagi pasar mereka sendiri. Dengan strategi ini akan menggunakan sistem interorganisasi yang menghubungkan proses dan database perusahaan induk dengan anak perusahaan.

4.      Strategi Transnasional; perusahaan induk dan semua anak perusahaan bekerja sama memformulasikan strategi dan kebijakan operasi, mengkoordinasikan logistik agar produk mencapai pasar yang tepat. Tercapainya efisiensi dan integrasi global serta fleksibilitas di tingkat lokal. Dari Gambar  4.4 terlihat rumitnya sistem pengendalian yang diperlukan, demikian pula arus sumber daya dari satu titik ke titik lain ketika perusahaan berfungsi sebagai suatu sistem yang terkoordinasi. Selain itu menunjukkan kapasitas pemrosesan informasi yang tersedia pada tingkat anak perusahaan. Ketika perusahaan menerapkan strategi transnasional, perusahaan mencapai integrasi dalam sistemnya dengan menggunakan standar yang diterapkan pada skala internasional serta dengan arsitektur yang umum. Tim pengembangan menyertakan wakil dari berbagai anak perusahaan untuk memastikan bahwa sistem tersebut memenuhi kebutuhan local. Strategi transnasional menempatkan tanggung jawab yang besar pada pengelola database untuk memastikan keseragaman rancangan database di seluruh dunia.

Sistem informasi yang digunakan MNC ketika mereka mengikuti empat strategi bisnis tersebut dinamakan Sistem Informasi Global (Global Information System – GIS), yang merupakan suatu sistem yang terdiri dari jaringan-jaringan yang melintasi batas-batas negara.


STRATEGI PENERAPAN GIS

Bila suatu MNC mengikuti strategi multinasional, diperlukan sejumlah tim pengembangan yang bekerja di sejumlah anak perusahaan.
Bila strategi global yang diikuti, tim pengembangan GIS mengerjakan sebagian besar tugasnya di perusahaan induk.
Bila strategi internasional ang diikuti, satu atau sejumlah tim pengembangan dapat berpergian dari perusahaan induk ke anak-anak perusahaan
Bila strategi transnasional  yang diikuti, tim pengembangan menyertakan wakil-wakil dari perusahaan induk dan anak perusahaan .

Strategi Transnasional bagi Penerapan GIS
Strategi ini paling rumit dalam rangka membangun menjadi suatu sistem yang bekerja dengan lancar dan strategi penerapannya meliputi :
  1. Menghubungkan GIS dengan strategi bisnis;
Tim pengembangan harus memperhatikan sejak awal kegiatan engenai sejumlah hal penting yang menghubungkan GIS dengan strategi bisnis. Hal penting tersebut, yaitu :
·                     Bekerja sama secara erat dengan eksekutif perusahaan untuk memahami dampak potensial GIS pada strategi bisnis global.
·                     Mengerti strategi bisnis global dari tiap unit bisnis.
·                     Menentukan strategi global GIS yang sesuai untuk strategi bisnis global tiap unit bisnis.
·                     Menentukan tujuan dari tiap strategi GIS.
·                     Mengidentifikasi aplikasi yang diperlukan untuk mencapai strategi GIS dan menentukan prioritasnya.
·                     Menugaskan orang-orang yang bertanggung jawabatas penerapan aplikasi tersebut.

  1. Menentukan sumber daya informasi
GIS akan menggunakan semua jenis sumberdaya informasi yakni perangkat keras, perangkat lunak, personil, data dan informasi serta fasilitas. Tugas-tugas penting tim pengembangan yang berkaitan dengan, adalah :
·                     Menentukan jumlah dan lokasi pusat data regional
·                     Mengidentifikasi penjual yang dapat menyediakan produk dan jasa bagi tiap anak perusahaan.
·                     Membuat spesifikasi standar perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat digunakan semua anak perusahaan.
·                     Membuat rencana bagi satu atau beberapa unit penolong yang membantu anak perusahaan 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu.
·                     Siap menghadapi keterlambatan penerapan yang tidak dialami di Negara perusahaan induk.

  1. Menyediakan pembagian data
Kunci untuk mencapai standarisasi dalam operasi lebih ditentukan oleh data daripada proses. Perencanaan GIS harus berfokus pada seluruh perusahaan, dengan produk akhir berupa model data peerusahaan. Dalam GIS, perusahaan merupakan suatu MNC, dan model mencakup perusahaan induk dan anak perusahaan. Lingkup perusahaan yang luas tersebut menjadikan pembuatan model data lebih sukar dibandingkan jika perusahaan hanya beroperasi di dalam negeri. Pembuatan sistem pemakaian data bersama (data sharing) mencakup beberapa tugas, yaitu :
·                     Mengembangkan suatu model data global yang mendukung tujuan bisnis global.
·                     Membentuk satu kelompok yang terdiri dari para wakil perusahaan induk, dan anak perusahaan untuk menetapkan standar data yang akan diterapkan di seluruh MNC.
·                     Meneliti peraturan berbagai negara untuk mengetahui berbagai pembatasan atas pengolahan data dan telekomunikasi.
·                     Berdasarkan penelitian tersebut, menentukan apakah data akan dikirimkan melintasi batas negara atau memprosesnya di negara tempat anak perusahaan.
·                     Menerapkan database.

  1. Memperhatikan lingkungan budaya
Selama proses pengembangan,para eksekutif MNC dan tim pengembangan multinasional harus memperhatikan masalah-masalah budaya, dengan tugas secara khusus bagi tim pengembangan, yaitu :
·                     Menyadari perbedaan budaya yang ada di antara negara-negara tempat anak perusahaan berada dan merumuskan pemecahan yang dapat diterima oleh semua pihak.
·                     Membuat survey atas keahlian para spesialis informasi yang ada di anak perusahaan agar keahlian tersebut dapat dipergunakan secara maksimal selama penerapan.
·                     Menyediakan pendidikan dan pelatihan bagi anak perusahaan sehingga personil mereka mendapatkan keahlian di bidang yang kurang mereka kuasai dan meningkatkan keahlian di area yang mereka telah kuasai.
·                     Membuat program-program formal yang mempersiapkan para manajer perusahaan induk untuk bekerja sama dengan para manajer anak perusahaan,dan sebaliknya. Program tersebut harus memperhatikan maslah perbedaan budaya dan cara mengatasinya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan Beri Komentar Untuk Kemajuan Blog ini...
Apabila ada Link yang error atau mati segera laporkan untuk diganti dengan Link baru..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes